1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita 3. Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) 5.      Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung 6.      Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi   7.      Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen  8.      Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi   9.      Memahami  informasi melalui tuturan    10.  Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber    11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai    12.  Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 13.  Memahami cerita rakyat yang dituturkan   14.  Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi   15.  Memahami sastra Melayu klasik   16.  Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1)   1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita)   1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita yang disampaikan secara  langsung/melalui rekaman    2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat 2.2 Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)   2.3 Menceritakan  berbagai pengalaman  dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit) 3.2 Mengidentifikasi ide teks  nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif    4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif   4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif   4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif   5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman    5.2  Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman   6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek  melalui kegiatan  diskusi  6.2 Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan  diskusi  7.1 Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat 7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima 8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima 9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung   9.2     Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)   10.1   Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik     10.2       Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik     11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai         11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai    12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif 12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif 12.3 Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat  12.4  Menyusun  teks pidato   13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman    13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman   14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi  14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi  15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur         unsur intrinsik sastra Melayu klasik  15.2 Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik 16.1 Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)  16.2 Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
 
 
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia  
Kelas/Semester : X/1  
Pertemuan ke- :   
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran  
 
A Standar Kompetensi  
  1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita 3. Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca 3. Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) 4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi   6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi   7. Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen  7. Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen  8.  Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi   8.  Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi   9. Memahami  informasi melalui tuturan    9. Memahami  informasi melalui tuturan    10.  Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber    10.  Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber    11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai    11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai    12.  Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 12.  Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 12.  Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 12.  Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 13.  Memahami cerita rakyat yang dituturkan   13.  Memahami cerita rakyat yang dituturkan   14.  Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi   14.  Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi   15.  Memahami sastra Melayu klasik   15.  Memahami sastra Melayu klasik   16.  Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen  16.  Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen 
 
B Kompetensi Dasar  
  1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita)   1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita yang disampaikan secara  langsung/melalui rekaman    2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat 2.2 Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)   2.3 Menceritakan  berbagai pengalaman  dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit) 3.2 Mengidentifikasi ide teks  nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif    4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif   4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif   4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif   5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman    5.2  Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman   6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek  melalui kegiatan  diskusi  6.2 Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan  diskusi  7.1 Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat 7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima 8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima 9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung   9.2     Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)   10.1   Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik     10.2       Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik     11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai         11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai    12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif 12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif 12.3 Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat  12.4  Menyusun  teks pidato   13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman    13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman   14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi  14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi  15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur         unsur intrinsik sastra Melayu klasik  15.2 Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik 16.1 Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)  16.2 Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
 
C Indikator  
1.   Menyebutkan judul berita, nama penyiar, dan nama stasiun radio yang menyiarkan (peduli sosial) Menyebutkan  unsur-unsur intrinsik cerpen Menyebutkan tata urutan perkenalan saat menjadi moderator suatu seminar Menyebutkan butir-butir permasalahan dalam artikel Menyebutkan macam-macam pengalaman dalam kehidupan Menyebutkan macam-macam teknik membaca Menyebutkan macam-macam teknik membaca Menyebutkan macam-macam paragraf Menyebutkan macam-macam paragraf  Menyebutkan macam-macam paragraf Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang) Menyebutkan  tema puisi yang didengar Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri Menemukan nilai-nilai dalam cerpen Membahas langkah-langkah pembacaan puisi  Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita pendek yang telah dibaca Mengidentifikasi pantun berdasarkan bait, irama, dan rima Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
2.   Menjelaskan isi berita berdasarkan pemahaman (komunikatif) Menjelaskan nilai-nilai dalam cerpen Menjelaskan tugas dan fungsi seorang moderator Menjelaskan tatacara penyusunan artikel Menjelaskan teknik penyusunan cerita (pengalaman) Menjelaskan langkah-langkah dalam membaca cepat Menjelaskan jenis wacana non-sastra dan membaca ekstensif Menjelaskan karakteristik paragraf naratif Menjelaskan karakteristik wacana deskriptif Menjelaskan karakteristik paragraf ekspositif Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.) Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari tokoh cerpen Mengidentifikasi nilai religius dalam cerpen Membaca  puisi dengan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi Mengidentifikasi unsur-unsur ekstrinsik cerita pendek yang telah dibaca Membedakan bentuk pantun dan syair Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
3.   Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam bentuk ringkasan dengan urutan yang runtut  Menuliskan kembali isi cerpen yang didengarkan Menggunakan teknik memimpin sidang saat menjadi moderator Menggunakan pola pengembangan deduksi dan induksi dalam menyusun artikel Menggunakan ekspresi tertentu dalam menyusun cerita (pengalaman) Menggunakan teknik membaca depat dalam menggali informasi Menggunakan teknik membaca ekstensif untuk memahami wacana Menggunakan pola naratif dalam pengembangan wacana Menggunakan pola deskriptif dalam pengembangan wacana Menggunakan wacana ekspositif dalam mengembangkan wacana Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang Menjelaskan maksud puisi Mengidentifikasi kata-kata penghubung dalam cerpen Mengidentifikasi nilai moral dalam cerpen Menentukan unusr-unsur pembacaan puisi Menyusun ringkasan cerpen sepanjang satu paragraf Menulis syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima Menyunting puisi baru yang dibuat teman
4.   Menguraikan permasalahan dalam siaran radio yang didengarkan Menguraikan kembali pokok permasalahan yang diangkat dalam cerpen Menguraikan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang moderator Menguraikan permasalahan yang diangkat dalam artikel Menguraikan pengalaman dengan penanda ekspresi tertentu Menguraikan wacana non-sastra berdasarkan ide pokok pengembangannya Menguraikan wacana non-sastra menjadi bagian-bagian Menguraikan paragraf naratif dalam beberapa bagian  Menguraikan sebuah wacana deskriptif menjadi bagian-bagian terkecil Menguraikan bentuk wacana ekspositif menjadi bagian-bagian kecil Menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi Mengungkapkan amanat dalam cerpen Menyunting pantun yang dibuat teman berdasarkan bait, irama, rima Menulis puisi baru beradasarkan tema yang ditentukan
5.   Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat simpulan  Menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat Menyimpulkan tugas dan fungsi seorang moderator Menyimpulkan sebuah artikel yang dibaca Menyimpulkan sebuah cerita (pengalaman) Menyimpulkan sebuah wacana non-sastra Menyimpulkan wacana non-sastra menjadi beberapa kalimat Menyimpulkan wacana berbentuk naratif menjadi beberapa kalimat Menyimpulkan sebuah paragraf deskriptif dalam beberapa kalimat Menyimpulkan wacana ekspositif dalam beberapa kalimat Mengubah puisi menjadi sebauh prosa Mengungkapkan metafor puisi dengan kata-kata sendiri Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca. Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat Mengaitkan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sehari-hari Menyunting syair yang dibuat teman berdasarkan bait, irama, rima Menulis puisi baru beradasarkan tema bebas
6.   Menanggapi isi siaran radio/ televisi  (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) Menanggapi cerita dan mengaitkan dengan kehidupan masa sekarang Menanggapi kegiatan sismulasi seminar yang dilakukan oleh kelompok lain dalam kelas Menanggapi permasalahan dalam artikel Menanggapi cerita (pengalaman) dengan sikap positip dan negatip Menanggapi wacana non-sastra dengam sikap positip dan negatip Menanggapi wacana non-sastra dengan sikap positip dan negatip Menanggapi wacana naratif dengan sikap positip dan negatip Menanggapi sebuah paragraf deskriptif dengan sikap positip dan negatip Menanggapi wacana berbentuk paragraf ekspositif dengan sudut pandang positip dan negatip
 
D Tujuan Pembelajaran  
1.   Siswa mampu mengidentifikasi judul sebuah berita Siswa mampu menyebutkan  unsur-unsur intrinsik cerpen Siswa mampu menyebutkan tata urutan perkenalan saat menjadi moderator suatu seminar
2.   Siswa mampu menjelaskan kembali isi berita kepada orang lain Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai dalam cerpen Siswa mampu menjelaskan tugas dan fungsi seorang moderator
3.   Siswa mampu merumuskan kembali isi berita ke dalam bentuk wacana tertulis Siswa mampu menuliskan kembali isi cerpen yang didengarkan Siswa mampu menggunakan teknik memimpin sidang saat menjadi moderator
4.   Siswa mampu memecahkan permasalahan berdasarkan berita yang didengarkan Siswa mampu menguraikan kembali pokok permasalahan yang diangkat dalam cerpen Siswa mampu menguraikan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang moderator
5.   Siswa mampu merumuskan simpulan dan menentukan solusi yang tepat Siswa mampu menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat Siswa mampu menyimpulkan tugas dan fungsi seorang moderator
  Siswa mampu mengungkapkan tanggapan yang tepat sesuai pokok berita Siswa mampu menanggapi cerita dan mengaitkan dengan kehidupan masa sekarang Siswa mampu menanggapi kegiatan sismulasi seminar yang dilakukan oleh kelompok lain dalam kelas
E Materi Ajar  
1.   Contoh berita "Demo Masyarakat di Jatiwarna Jawa Barat"
2.   Perbedaan wacana berita dan non berita
3.   Ciri-ciri wacana berita
4.   Pokok-pokok isi berita
5.   Tanggapan terhadap  isi berita
 
F Langkah-langkah Pembelajaran  
1. Kegiatan Awal  
a. prakondisi kesiapan peserta didik    Salam dan prakondisi peserta didik Salam dan prakondisi peserta didik Salam dan prakondisi peserta didik
b. pertanyaan pretes mengukur pengetahuan awal   Pertanyaan awal tentang berita Pertanyaan awal tentang cerita rakyat Pertanyaan awal tentang moderator
c. menjelaskan tujuan dan  kompetensi dasar pembelajaran   Tujuan penyajian materi berita Tujuan penyajian materi cerita rakyat Tujuan penyajian materi perkenalan diri
d. menyampaikan cakupan dan uraian kegiatan sesuai silabus.    Menyajikan cakupan materi dari awal hingga akhir pembelajaran Menyajikan cakupan materi dari awal hingga akhir pembelajaran Menyajikan cakupan materi dari awal hingga akhir pembelajaran
 
2. Kegiatan Inti  
a. Eksplorasi  
1) mencari informasi sesuai topik/tema    Memilih topik yang sesuai dengan kompetensi dasar mendengarkan berita Memilih judul cerita yang sesuai dengan kompetensi dasar Memilih teknik perkenalan diri yang diinginkan
2) menerapkan pendekatan , media , dan sumber pembelajaran   Melaksanakan kegiatan medengarkan berita dari media Melaksanakan kegiatan medengarkan cerita dari media Melaksanakan kegiatan perkenalan diri dalam seminar
3) memfasilitasi  interaksi antarpeserta didik, guru, lingkungan, dan sumber belajar    Mendiskusikan isi berita yang didengarkan Mendiskusikan isi cerita yang didengarkan Mendiskusikan kelebihan dan kelemahan dalam perkenalan diri
b. Elaborasi  
1) meminta peserta didik membaca dan menulis tugas bermakna   Menuliskan kembali isi berita Menuliskan kembali isi cerita yang didengarkan Menuliskan kembali langkah-langkah dalam seminar
2) memberikan tugas, diskusi, untuk memunculkan gagasan baru   Menemukan gagasan baru dari berita yang didengarkan Menemukan simpulan dari berita yang didengarkan Menemukan simpulan dari perkenalan diri yang dilakukan
3) mengkondisikan siswa berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak   Menemukan solusi terbaik terhadap permasalahan dalam berita Menemukan relevansi permasalahan dalam cerita dengan kehidupan sehari-hari Menemukan relevansi perkenalan diri dengan kehidupan sehari-hari
c. Konfirmasi  
1) memberikan penguatan lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah peserta didik,   Menjawab pertanyaan seputar berita Menjawab pertanyaan seputar cerita Menjawab pertanyaan seputar perkenalkan diri
2) memberikan konfirmasi hasil eksplorasi dan elaborasi siswa   Memaparkan kembali isi berita yang didengarkan Memaparkan kembali isi cerita yang didengarkan Memaparkan kembali tugas-tugas moderator yang telah didiskusikan
3) melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar   Menyampaikan simpulan dan relevansi isi berita  Menyampaikan simpulan dan relevansi isi cerita kepada teman satu kelas Menyampaikan simpulan dan relevansi kegiatan simulasi seminar
3. Kegiatan Penutup  
a. membuat rangkuman/simpulan pelajaran;    Merangkum isi berita Merangkum isi cerita Merangkum kegiatan simulasi seminar
b. menilai kegiatan yang sudah dilaksanakan    Menilai kinerja siswa dalam pembelajaran Menilai kinerja siswa dalam pembelajaran Menilai kegiatan perkenalan diri teman
c. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;   Menyampaikan pertanyaan penbguatan kepada siswa Menyampaikan pertanyaan penguatan kepada siswa Mengajukan pertanyaan berkaitan tugas memperkenalkan diri
d. merencanakan kegiatan remedi, pengayaan, layanan konseling    Menginformasikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya Menginformasikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya Menginformasikan kegiatan pembelajaran meinggu berikutnya
 
 
G Sumber Bahan/ Alat dan media  
1.   Alat tulis Alat tulis
2.   Buku pegangan siswa Buku pegangan siswa
3.   Alat audio visual Alat audio visual
4.   Lembar kerja siswa Lembar kerja siswa
5.   Alat bantu presentasi Alat bantu presentasi
 
H Evaluasi  
1. Tugas Terstruktur  
  Mendengarkan berita televisi dan menjelaskan kembali isi berita Mendengarkan cerita rakyat dan menjelaskan kembali isi cerita Mendiskusikan bentuk-bentuk kegiatan diskusi ilmiah
2. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur  
  Merangkum isi berita televisi di luar jam pelajaran Merangkum isi sebuah cerita rakyat di luar jam pelajaran Menemukan contoh tugas dan fungsi moderator dalam diskusi/ seminar
3. Tugas Kelompok  
  Mendiskusikan dan menaggapi isi berita secara berkelompok Mendiskusikan dan menaggapi isi cerita rakyat secara berkelompok Melakukan simulasi seminar dengan membahas poko masalah tertentu
4. Soal-soal:  
a.   Apa isi berita yang baru saja Anda dengarkan? Apa isi cerita yang baru saja Anda dengarkan? Bagaimana tata urutan perkenalan diri sebagai moderator yang baik?
b.   Mengapa peristiwa dalam berita tersebut bisa terjadi? Masalah apa yang dihadapi tokoh dalam cerita tersebut ? Bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang moderator?
c.   Kapan dan dimana peristiwa dalam berita tersebut terjadi? Kapan dan dimana peristiwa dalam cerita tersebut terjadi? Apakah tugas dan fungsi seorang moderator?
d.   Siapa saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa pada berita tersebut? Siapa saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita tersebut? Bagaimana teknik memimpin diskusi yang baik?
e.   Bagaimana solusi terbaik untk menyelesaikan masalah tersebut? Bagaimana solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut? Apa pendapat Anda tentang perkenalan yang dilakukan teman?
 
 
 
 
 
 
 
 
Surakarta, 2 Juli 2012  
Guru Mata Pelajaran,  
 
 
 
Drs. Bambang Dwi Sasongko, M.Pd.  
NIP 19631214 199802 1 003